-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mikrometer Sekrup

Pengertian Mikrometer Sekrup

Ada banyak jenis alat pengukur yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah mikrometer dengan jenis sekrup. Pengertian mikrometer sekrup merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang benda berukuran kecil. Karena menggunakan sekrup maka ketelitian yang akan Anda dapatkan jika menggunakan alat ini sekitar 10 kali lebih detail dan rinci.

Mikrometer Sekrup dan Pengukuran Benda

Menurut cosmogirl, mikrometer sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, ketelitian yang di dapatkan oleh pengguna mencapai 0,01 mm. Dibandingkan jangka sorong, alat ini memiliki kelebihan yang tinggi untuk mengukur benda berukuran kecil. 

Walaupun demikian, alat ini jarang digunakan secara umum, kecuali untuk tujuan penelitian. Sebab ukuran benda biasanya masih bisa dihitung dengan tingkat presisi di angka 1 mm dan 0,1 mm. Untuk pengukuran biasa, banyak orang biasanya menggunakan jangka sorong ataupun penggaris.

Macam Mikrometer Sekrup

Mikrometer ini memiliki berbagai jenis, yang umum ditemui dengan kegunaan yang berbeda. Jenis pertama adalah mikrometer luar, yang akan membantu Anda menghitung panjang kawat, lapisan, serta berbagai blok dan juga batang.

Sedangkan jenis kedua merupakan mikrometer dalam, yang bisa Anda gunakan untuk mengukur garis tengah suatu benda. Bisa juga digunakan untuk mengukur garis tengah pada suatu lingkaran yang berukuran kecil.

Terakhir adalah mikrometer sekrup jenis kedalaman, dimaksudkan untuk mengukur kedalaman maupun ketinggian pada suatu benda. Benda yang diukur juga bukan benda sembarangan, setidaknya ia berukuran kecil dan tidak bisa diukur menggunakan alat ukur yang biasa.

Mikrometer Sekrup Digital

Dengan adanya perkembangan teknologi, kini Anda bisa menemukan jenis mikrometer sekrup dengan bentuk digital. Pengertian mikrometer sekrup digital adalah pembacaan hasil yang bisa langsung dilakukan oleh alatnya, sehingga Anda bisa langsung membacanya.

Dibandingkan dengan model konvensional, model digital membuatnya lebih mudah dibaca. Keunggulan lain mikrometer jenis ini adalah tingkat presisi yang cukup tinggi, sehingga kegunaannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri yang memerlukan hasil perhitungan maksimal.

Ketika Anda hendak membeli mikrometer sekrup jenis digital, pastikan Anda tidak membelinya secara sembarangan. Ketahui dengan tepat apakah alat tersebut memiliki memori pengukuran atau tidak, kemudian bagaimana rentang ukuran yang dimiliki oleh alat tersebut.

Perbedaan Harga Mikrometer Sekrup

Apabila Anda hendak membeli mikrometer sekrup dalam waktu dekat, sebaiknya perhatikan dengan benar beberapa aspek berikut ini. misalnya dengan memperhatikan jenis mikrometer yang hendak dipilih, apabila budget Anda terbatas sebaiknya pilih jenis analog karena harganya jauh lebih murah.

Berbeda dengan jenis digital, mikrometer ini harganya jauh lebih tinggi karena memberikan kemudahan kepada penggunanya. Untuk satu alat saja harga minimal yang harus Anda bayarkan adalah satu juta rupiah. Harga tersebut juga masih dipengaruhi oleh brand yang dimiliki mikrometer tersebut, jika brandnya terkenal harganya semakin mahal.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun mikrometer sekrup jenis digital dan sekrup tetap memiliki deskripsi yang berbeda. Anda yang hendak membelinya dalam waktu dekat, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan, fungsi, dan budget yang dimiliki untuk membeli alat ukur ini.

Demikianlah informasi singkat mengenai pengertian mikrometer sekrup dan berbagai keterangan tambahan lainnya. semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan alat ukur mikrometer, baik yang berjenis digital maupun mikrometer analog yang konvensional.


Penjelasan dan Pengertian Mikrometer Sekrup - Colony

Posting Komentar untuk "Pengertian Mikrometer Sekrup"