5 Langkah Mudah Mengumpulkan Dana Darurat

Terkadang memang ada beberapa hal yang sifatnya tidak pasti menghampiri keluarga Anda dan membutuhkan dana secepat mungkin, jika seandainya Anda memiliki tabungan atau dana darurat disini tentunya akan aman-aman saja menghadapi kondisi yang tidak terduga semacam ini. sebaliknya, jika seandainya sejak awal tidak pernah mempersiapkan tabungan tentunya akan sangat menggoncang keuangan. Bahkan mau tidak mau memaksa Anda untuk berhutang.

Hanya saja juga patut diketahui bahwa untuk mendapatkan hutang dalam jangka waktu cepat pada dasarnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mengingat jikapun ingin mengajukan hutang ke bank prosesnya juga sampai beberapa hari, disertai dengan beberapa syarat yang menyertainya. Belum tentu Anda dapat memenuhi syarat tersebut. Untuk itu sedini mungkin dan memang jikia bisa mulailah untuk menabung, mempersiapkan uang jika suatu saat Anda membutuhkan dana yang sifatnya darurat tersebut.

Namun jangan khawatir berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan untuk membantu Anda menabung guna kebutuhan darurat, bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan, di sela-sela waktu luang Anda, yaitu:

  • Menjadi ojek online, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya belakangan cukup populer keberadaan sarana transportasi online yang memungkinkan Anda untuk lebih mudah di dalam menunjang mobilitas atau pergi kemanapun. Cukup dengan memanfaatkan kendaraan yang dimiliki ditambah lagi dengan adanya SIM maka Anda bisa melamar pekerjaan menjadi driver atau ojek online ini, lumayan di tengah waktu senggang, apalagi prospeknya juga sangat bagus di kota-kota besar, uang yang dihasilkan nantinya dapat ditabung untuk kebutuhan khusus yang sifatnya memang tidak terduga.
  • Bisnis online, ada banyak sekali bidang bisnis yang dapat digeluti secara online, diantaranya adalah menjual item fashion, baik itu bidang usaha secara dropship maupun tidak. Peluangnya sendiri juga sangatlah besar. Mengingat belakangan ini lebih banyak diantara masyarakat yang memilih untuk belanja atau melakukan transaksi secara online. Bahkan untuk tingkat keuntungannya juga terbilang tinggi, nantinya uang tersebut bisa Anda tabung di rekening khusus.
  • Membuka garage sale, Anda memiliki banyak sekali barang bagus namun sudah tidak digunakan lagi, mulai diantaranya adalah item fashion sampai dengan perabotan yang disimpan dalam gudang. Dibandingkan menjadi sampah maka ada baiknya dijual kembali, diantaranya adalah dengan membuka garage sale, berikan harga yang masih layak tentunya untuk barang tersebut sehingga lebih cepat terjual.
  • Bisnis penjualan pulsa, ide bisnis yang satu ini tidak akan ada matinya, bahkan juga senantiasa berkembang, mengingat jika dilihat dari segi peluangnya begitu cerah, ditambah juga dengan hampir semua masyarakat menggunakan smartphone untuk kebutuhan berkomunikasi. Intinya usaha semacam ini memang tidak akan ada matinya. Keuntungan yang didapatkan nantinya bisa Anda tabung.
  • Menjadi freelancer, ada banyak sekali bidang pekerjaan yang dapat dilakukan secara freelance dan menguntungkan, mulai diantaranya adalah jasa penulisan artikel, kemudian juga jasa edit video, gambar dan jasa grafis. Fee yang diterima terbilang cukup menguntungkan dan dapat mengisi waktu luang Anda. Nantinya uang tersebut bisa ditabung.

Itulah beberapa cara mudah untuk mendapatkan dana darurat. Ingat bahwa uang darurat ini berbeda dengan tabungan, karena memang digunakan untuk hal-hal yang sifatnya mendesak saja. Jika memang tidak dipakai maka nantinya bisa Anda jadikan sebagai modal untuk berinvestasi, jadi lebih menguntungkan bukan.

Tinggalkan komentar