5 Manfaat Dari Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang, pegagan merupakan tanaman liar. Tapi sebagian orang lain menganggap daun ini bisa jadi santapan enak yang memberi banyak manfaat.

Daun berbentuk bulat ini memiliki nama latin Centella Asiatica. Biasanya bisa ditemui di perkebunan, ladang, pematang sawah hingga di tepi jalan. Tumbuhan liar ini juga dikenal dengan sebutan daun kaki kuda dan antanan.

Meskipun terbilang tanaman liar, daun pegagan ternyata bisa dijadikan makanan dan punya banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi pegagan.

1. Mengurangi Stress

Daun pegagan yang dikonsumsi secara berkala ternyata ampuh mengurangi kecemasan dan stress. Sebuah studi di India mengungkapkan jika dikonsumsi dalam skala kecil, daun ini membantu membuat tubuh merasa rileks dan tenang.

Khasiat ini sudah dibuktikan juga sejak zaman dahulu sebagai obat herbal untuk mengobati gangguan syaraf dan melancarkan peredaaran darah. Di Jawa Barat daun pegagan biasa dijadikan lalapan.

2. Melancarkan Pencernaan

Daun pegagan mengandung zat alami yang bagus untuk mengatasi masalah pencernaan. Mulai dari sakit maag, perut kembung hingga melancarkan pencernaan. Daun pegagan juga ampuh dijadikan obat peluruh kencing bagi yang mengalami masalah saluran kencing.

Bagi masyarakat Indonesia, daun ini sudah biasa disantap sehari-hari. Di Aceh daun ini dikenal dengan nama peugaga sementara di Bali daun ini disebut Piduh. Hampir setiap daerah memiliki julukan nama lokal untuk daun ini.

3. Menyembuhkan Luka Kulit

Salah satu kandungan daun pegagan adalah asiaticoside yang merupakan zat antilepra dan penyembuh luka. Zat ini diakui dunia kedokteran sebagai salah satu penyembuh luka kulit yang sangat ampuh.

Selain menyembuhkan luka, daun pegagan juga bisa menghilangkan dan menyamarkan bekas luka yang berlebih. Sekarang banyak obat herbal berbahan pegagan yang dibuat untuk menghilangkan keloid hingga strecth marks.

4. Pencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam daun ini juga tak boleh dianggap remeh. Pegagan dianggap bisa menjadi salah satu makanan alami yang bias mencegah timbulnya sel kanker.

Daun ini bisa dimakan langsung dalam keadaan mentah. Biasanya dijadikan lalapan atau sayuran campuran dalam masakan. Daun yang disebut bebele di Lombok ini punya karakter rasa yang manis dan segar.

5. Bagus untuk kulit

Bagi kaum hawa yang ingin berkulit mulus dan halus, salah satunya bisa mengonsumsi daun pegagan. Kandungan vitamin E dan kolagen dalam daun ini membantu merawat kesehatan kulit.

Selain menyantapnya langsung, daun pegagan juga sudah tersedia dalam bentuk ekstrak dan teh. Teh pegagan memiliki aroma yang segar dan rasa yang enak jadi bisa jadi alternatif pengganti teh biasa.

Tinggalkan komentar